Skip to main content

Lapar dan Malu



Ramadhan ke-13, tepatnya 22 Juli 2013. Jam 01.50

Akhirnya, gue menang (lagi) dalam pertandingan siapa yang paling cepat bangun dengan jam weker gue. Gue bangun lebih cepat daripada alarm di jam weker yang disetel buat menyadarkan diri gue dari mimpi untuk menghadapi realita yang ada. Gue membangkitkan birahi badan gue dan seperti biasa kebiasaan aneh gue meneriaki “KRIIINGG...KRIIINGGG....KRIIINGG....”ke jam weker sebagai alarm baginya tanda gue menang dalam pertandingan “bangun lebih cepat” melawan jam weker. Keren.

*tepuk tangan* 

Gue melihat jam di tubuh si-“kaget” (nama jam weker gue) dan ternyata masih jam dua kurang. Sebelumnya gue mau kasih tau kenapa nama jam weker gue si-“kaget” ? Karena dia suka ngagetin gue pas lagi tidur (okesip). Gue setel alarm di jam weker gue jam 03.00. Di saat gue melihat jam pada waktu itu, artinya masih ada 1 jam lagi buat tidur sebelum alarm berbunyi. Dengan cueknya, gue pun melanjutkan tidur melanjutkan mimpi yang ada, mimpi bermain di becek bersama Pamela Anderson. Tanpa mengetahui bahwa gue sedang melakukan puasa yang berarti harus sahur terlebih dahulu sebelum waktu subuh.
          Tiba-tiba gue pun terbangun lagi dengan spontan karena menyadari bahwa gue bukan bermain becek dengan Pamela Anderson. Gue main becek dengan Pamannya Anderson! Kaget bukan kepalang sehingga sontak gue mencoba sadar dari mimpi gue. Gue bangun dan Alhamdulillah itu semua hanya mimpi. Gue gak mau orientasi seksual gue ternodai di mimpi gue sendiri. Setelah bersyukur akan realita yang ada, gue dihadapkan dengan cobaan yang begitu berat. Gue melihat jam, si “kaget” sudah menunjukkan pukul 04.00. Itu artinya jam weker gue bales kekalahan dari gue sebelumnya tanpa meneriaki gue dengan bunyi “KRIIINGG....KRIIINGGG....KRIIINGG...”. Dasar jam yang culas. Gue cek belakang jam weker dan terlihat udah keadaan “off”. Entah siapa yang geser tombol “on-off”di balik tubuh si “kaget”. Gue mempunyai analisa sendiri siapa yang menggeser tombol “on-off” di balik tubuh si “kaget”:

Analisa pertama
Pelakunya gue sendiri. Gue menggeser steker “on-off” karena gue masih mau berlama-lama di mimpi gue dengan Pamela Anderson yang akhirnya gue sadari itu Pamannya Anderson.

Analisa kedua

Pelakunya Si “kaget”. Diamenggeser steker “on-off” karena ingin membalas kekalahan dari gue sebelumnya karena dia tidak lebih cepat bangun daripada gue.

Analisa ketiga

Pelakunya Pamannya Anderson.Dia menggendap-ngendap ke dunia nyata dari dunia mimpi untuk menggeser steker “on-off” agar dia bisa bersenang-senang lebih lama dengan gue.

Seketika setelah menyadari bahwa membahas hal tersebut tidaklah penting, gue lompat dari kasur dan bergegas ambil sikat gigi dan odol sembari mengisi air buat masak mie dengan ekspektasi dengan waktu sahur sesingkat ini gue hanya punya satu pilihan untuk mengisi perut gue dengan karbohidrat yang berarti bisa mengisi energi dan menyimpannya 13 jam kedepan dengan memasak mie instant yang ada di lemari makanan gue. Setelah gue menggosok gigi dan mengisi air keran untuk memasak mie, gue cek lemari isi makanan. Cobaan tidak berhenti sampai gue telat bangun sahur dan bermain becek dengan Pamannya Anderson. Guess what happened to me next? Gue gak punya stok mie sama sekali di lemari makanan sedangkan gue gak memprediksikan ini sebelumnya! Makanan yang menjadi stok di lemari makanan gue hanyalah kornet kaleng siap saji yang memasaknya harus pake minyak sedangkan gue gak punya minyak untuk memasaknya dan lima bungkus energen. Setelah menimbang-nimbang daripada makan stok kornet yang bisa buat 3 hari kedepan kagak pakai nasi, dengan berat hati gue memilih energen sebagai menu instan gue untuk sahur dengan notabene gue paling eneg yang namanya minuman sereal seperti energen atau sejenisnya. Gue paling gak suka makanan sereal diberi susu atau diseduh air secara instant karena bagi gue sereal seperti itu bila di campur susu atau air seduh adalah makanan yang bagi gue seperti muntahan kucing. Koko Crunch campur susu aja gue udah mau muntah makannya apalagi kalo energen. Tapi tidak ada pilihan lain, jam sudah menunjukkan pukul 04.16 dan gue dengan sangat terpaksa menyeduh satu bungkus energen. 
          Pukul 04.24 dan gue siap meminum minuman yang gue gak suka. Suhu energen setelah diseduh berkisar 64-70 derajat, tidak lebih dingin dari kota Bandung dan suhu hati gue (halah). Dengan suhu segitu ekspektasi gue jika gue meminumnya, gue gak merasakan enegnya minuman sereal tersebut. Tanpa basa-basi lagi apalagi gelar sidang paripurna, gue minum minum susu sereal tersebut. Satu luapan emosi yang terlontar dari mulut gue....
 
“PANAS NYET!”

kemudian satu stadion Gelora Bung Karno yang penuh dengan orang-orang berteriak....

YAEYALAAAAAAAAAAAAAAH.... Lo langsung minum kaga pake diuyup...

Dengan suhu yang masih berkisar 64-70 derajat itu gue meminum susu sereal itu tanpa gentar melawan rasa panas yang ada. Daripada gue muntah gara-gara eneg, mendingan gue kepanasan. Jadilah kesimpulannya menu sahur gue satu bungkus energen (diseduh), ditambah satu kapsul sangobion, dan ditutup dengan 320ml air mineral.

Sahur sendirian pertama di bulan puasa yang bangunnya telat. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

*benerin kerah*

Setelah mimpi buruk dan telat bangun sahur gue, Alhamdulillah hari-hari yang gue jalanin seperti biasanya, tidak merasa kelaparan. Mungkin karena gue sudah merasa terbiasa akan rasa lapar pada siang hari, soalnya gue jarang makan siang kalo di bulan-bulan biasakarena gue gak ada duit. Jadi hitung-hitung hemat dikit dengan cara menyatukan makan siang gue dengan makan malem. Pinter kan gue?

Lewat dari masalah kecerdasan gue. Gue mengisi kesibukan di siang hari dengan mengurus KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) gue yang hilang beberapa minggu lalu di Jakarta. Kampretnya, gue belum sempat tarik tunai buat duit cadangan di dompet. Jadi KTM gue menyatu dengan kartu ATM. Jika KTM hilang, maka gue gak bisa tarik tunai di ATM kecuali gue harus tarik tunai di teller Kantor Cabang Pembantu di bank setempat. Saat mengurus-ngurus KTM gue di Kantor Cabang Pembantu di Bank kampus gue, nyokap telepon untuk meminjam semua uang yang gue punya dan memberikan uang kepunyaan beliau yang kebetulan ada di rekening gue buat pembayaran kuliah adek gue. Karena gue mau menjadi anak yang solehkaya ustad-ustad cilik di pildacil dan ingin menambah pahala puasa gue, gue pinjamin semua uang gue demi kebaikan adek gue untuk pembayaran kuliah. Gue tarik semua tunai yang ada di rekening gue dan menyisakan sedikit uang di sana untuk keperluan adminstrasi bank. Setelah melakukan kebaikan kecil untuk keluarga gue, gue mikir bagaimana caranya gue survive dengan sisa uang 131.000 rupiah dengan saldo rekening gue yang sayangnya gak bisa gue tarik karena hanya tersisa 45 ribu rupiah (minimal penarikan 50 ribu rupiah), sedangkan gue gak tau kapan bokap gue ngirimin duit lagi buat gue. Dan akhirnya lahirlah tweet gue. 

Almost half month. Now I’ve to think how can survive in half month of ramadhan whle I’ve 150rb in my pocket and I just have 20rb  in bank account.

-  @Damas_kecil's tweet Monday, July 22.14.28

Gue ngetweet itu dengan kemampuan otak untuk berpikir 56% , jadi mohon maaf kalo ada kesalahan mengenai saldo rekening dan keadaan dompet sebenarnya, hehe.

Gue bingung untuk membeli makanan untuk berbuka puasa karena gue gak tau bagaimana caranya gue harus bertahan seminggu dengan duit yang ada dengan ekspektasi bokap gue ngirim awal bulan. Kepikiran buat pergi ke masjid sebelum maghrib untuk mendapatkan makanan ringan untuk berbuka puasa secara gratis. 

Dengan keadaan keuangan gue tersebut, akhirnya gue menyusun rencana:

-                      Gue pergi ke masjid sebelum maghrib.
-                      Dapetin makanan ringan buat berbuka puasa.
-                      Gue solat maghrib.
-                      Gue pulang.
-                      Tanpa sepeser pun uang keluar, gue kenyang.

Dari niatannya aja udah salah. Pengen makan gratis, padahal sebenarnya gue masih ada duit buat beli makanan. Astagfirullah.

*elus-elus dada* *dada Pamela Anderson*

Tiba-tiba gue teringat perkataan nyokap gue:

Jangan bilang kalo kita gak punya duit. Sedikit-dikitnya duit yang kita punya, seenggaknya kita ada duit.

Tanpa berpikir panjang tentang niatan gue tersebut dan korelasinya dengan perkataan nyokap gue, gue pun menjalankan rencana yang gue udah susun tadi.

Sore hari, gue menunggu waktu sebelum maghrib dengan ngabuburit. Yang bodohnya, bukannya gue tadarus Al-Qur’an malahan gue melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting. 

Setelah melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting tersebut, jam menunjukkan pukul 17.40. Itu artinya gue harus bergegas ke masjid dengan harapan gue mendapatkan jatah makanan ringan untuk buka puasa. Biasanya gue beli makanan ringan untuk berbuka habis dana 6-10 ribu rupiah untuk sekali jajan dan itu pun belum beli makanan berat untuk mengisi perut gue dengan makanan yang mengenyangkan. Maka dari itu mumpung di masjid dibagikan secara cuma-cuma, pergilah gue ke masjid dekat kosan gue. Dengan langkah seribu, gue menuju masjid dekat kosan gue. Akhirnya gue sampai di masjid pukul 17.45 dan gue segera mengambil wudhu. Saat masuk masjid gue sudah disodorkan dengan aktivitas pembagian makanan ringan pembuka untuk berbuka puasa. Ingin rasanya gue meminta kepada mas-mas yang membagikan makanan tersebut, tapi entah kenapa harga diri gue meninggi dan dalam hati gue berkata bahwa ”Gue bukan pengemis!”. Dengan kondisi ego gue tersebut, gue tidak meminta dan (masih) tetap berharap agar mas-mas yang membagikan makanan tersebut memberikan gue makanan tersebut secara spontan. Sambil menunggu mas-mas yang bagiin makanan, gue solat tahiyatul masjid. Selesai gue solat tahiyatul masjid, gue nengok kanan kiri depan belakang gue dan merasa bingung karena mas-masnya yang membagikan makanan tersebut sudah gak ada. Pupuslah harapan gue untuk berbuka puasa secara gratis. Adzan pun berkumandang dan semua orang yang ada di sekitar gue menyantap makanan yang mereka punya, termasuk makanan dari mas-mas yang membagikan makanan pembuka tadi. Gue mau nangis rasanya karena gue sadar akan niatan gue ke masjid udah jelek. Memang kebanyakan anak kost yang licik dan menderita seperti gue di bulan puasa ini pikirannya ingin mendapatkan makanan secara gratis dengan cara mendatangi masjid atau perkumpulan-perkumpulan lainnya.  
          Lucu nan anehnya setelah gue solat maghrib. Perut gue yang terasa lapar banget-banget-banget akhirnya tidak terasa lagi dan tubuh gue seketika segar bugar. Mungkin dengan keadaan seperti itu gue bisa meneruskan ibadah puasa gue sampai tahun depan tanpa makan. Gue pulang ke kosan dengan muka senyum-senyum sendiri merasakan fenomena Tuhan yang begitu ajaibnya. Memberikan tamparan dan pelajaran tersendiri buat gue. Sepanjang perjalanan gue senyum dan ketawa-ketawa terhadap diri gue sendiri. Di satu sisi gue senyum dan ketawa-ketawa karena badan gue segar seperti gue habis makan makanan yang enak banget ditambah olahraga yang bikin badan gue sehat kaya Ade Rai. Di satu sisinya lagi gue senyum dan ketawa-ketawa karena gue merasa malu terhadap diri gue karena punya niatan jelek yaitu mendapatkan makanan gratis padahal gue masih ada duit buat membeli makanan ringan untuk berbuka puasa. Kuasa Allah memang begitu hebat.

Meningan nahan rasa lapar daripada nahan rasa malu.

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan 3 tahun

*menghela nafas* Tahun 2013 menjadi tahun yang baik buat gue karena disitulah gue akhirnya menyelesaikan tingkat I di jurusan arsitektur di kampus gue. Dan di tahun ini juga, tahun ke tiga buat gue yang menjadi kesempatan terakhir gue untuk mengejar mimpi sebagai calon dokter dengan tes sbmptn (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang sebelumnya gue udah ikuti sebanyak dua kali. Ngomong-ngomong soal tes sbmptn ini, gue sendiri tahun ini gak terlalu ambisius buat ikut tesnya karena disibukkan oleh jadwal-jadwal perkuliahan yang padat seperti payudara sapi di masa-masa suburnya dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya yang membuat gue tidak bisa meluangkan waktu untuk belajar sbmptn ( alasan, padahal sih males aja lo mas ). Emang sih gue masih ngebet buat masuk kedokteran, tapi kalo dipikir-pikir usaha gue gak sebanding dari apa yang gue mau. Jomplang. Maka dari itu gue udah merasa pesimis duluan buat tes sbmptn tahun ini karena gue yakin semakin tahun tes seleksi masuk pergu

Review Buku "SKRIPSHIT"

Halo semuaaaaa.... *geber-geber motor di blog* Untuk postingan kali ini gue bakalan review tentang buku salah satu idola gue @shitlicious tentang "SKRIPSHIT" SKRIPSHIT gambar dari sini Berbeda dengan buku2 sebelumnya yang gue beli berjudul "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat", buku bang Alit ini memberikan sesuatu yang berbeda.. #TEEEETT *mengulang "kata berbeda"* poin -10 Oke pokus pake "P", kalo pake "F" jadi pokuf ... *di lempar toga* Bagi yang gak tau buku "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat" berikut kilasan cover depannya..  Shitlicious Gambar dari sini    Gado-Gado Kualat Gambar dari sini Buku SKRIPSHIT ini memberikan sesuatu yang berbeda dari buku-buku sebelumnya, dari segi kata, bahasa, cerita, maupun cover. Sebelumnya gue mau jelasin tentang kekurangan-kekurangan pada buku-buku dia sebelumnya: Pada buku pertama yang dia lahirkan secara normal, kekuranga

Day 23: Kesehatan Kaki di Waktu Weekend

Day 23 Rekam Jejak Kaki dan Aktivitas Pribadi Awal Bulan Juni kemarin gue bersama istri gue... *cailah sekarang udah punya istri, biasanya ceritanya gak jauh dari gebetan, mantan gebetan, dan pacar khayalan*  *ehem* ...oke lanjut. Gue sama istri gue punya wacana untuk liburan ke luar kota. Kita sepakat mencari suasana baru untuk menikmati  weekend  yang biasanya kita habiskan hanya di apartemen tempat tinggal kita. Hal yang gue dan istri mesti sepakati adalah suasana hotel yang tidak seperti apartemen kita yang mana mempunyai tipikal kamar studio XXI , fasilitas kolam renang, dan akses vertikal berupa lift. Buat apa gue dan istri gue ke luar kota, kalo suasananya sama dengan apartemen tempat tinggal kita? Pencarian destinasi wisata yang terjangkau oleh  budget  liburan   kita adalah Anyer, Bandung, dan Pulau Seribu. Dengan segala pertimbangan sampai melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (woilah segitunya), akhirnya kita memilih Bandung karena daerahnya gue cukup hafal dan c