Skip to main content

Perjalanan 3 tahun

*menghela nafas*

Tahun 2013 menjadi tahun yang baik buat gue karena disitulah gue akhirnya menyelesaikan tingkat I di jurusan arsitektur di kampus gue. Dan di tahun ini juga, tahun ke tiga buat gue yang menjadi kesempatan terakhir gue untuk mengejar mimpi sebagai calon dokter dengan tes sbmptn (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang sebelumnya gue udah ikuti sebanyak dua kali. Ngomong-ngomong soal tes sbmptn ini, gue sendiri tahun ini gak terlalu ambisius buat ikut tesnya karena disibukkan oleh jadwal-jadwal perkuliahan yang padat seperti payudara sapi di masa-masa suburnya dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya yang membuat gue tidak bisa meluangkan waktu untuk belajar sbmptn (alasan, padahal sih males aja lo mas). Emang sih gue masih ngebet buat masuk kedokteran, tapi kalo dipikir-pikir usaha gue gak sebanding dari apa yang gue mau. Jomplang. Maka dari itu gue udah merasa pesimis duluan buat tes sbmptn tahun ini karena gue yakin semakin tahun tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri makin lama makin susah. Yang anehnya, gue sendiri gak sadar diri untuk belajar lebih giat karena tahun ini merupakan tahun terakhir guekarena ijazah gue sudah memasuki tahun ke-3 yang artinya ini adalah batas terakhir gue mendaftar sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri khususnya untuk fakultas yang gue kejar, fakultas kedokteran. Berat banget setiap gue mau belajar sbmptn karena ada aja halangan yang gue temui sebelum gue belajar. Macem-macem kaya tugas kuliah, kegiatan kampus, dll. Setelah gue memasuki fase liburan di mana ada kesempatan gue belajar, masih aja ada halangan seperti kegiatan-kegiatan di jurusan gue dan hal-hal lainnya (alasan lagi). Aneh, maunya gede tapi gak ada usaha buat mengejar itu.

          Tahun ini gue mengikuti dua tes saja yaitu sbmptn dan simak ui. Gue gak mau mengeluarkan duit nyokap gue lebih banyak, karena setiap tes yang gue ikuti, sponsor utamanya nyokap gue. Buat pilihannya masih di pilihan yang gue mau. FKG Unpad dan FKG Univesitas Jember pilihan yang gue pilih tes sbmptn tahun ini. Untuk tes simaknya, gue memilih 3 jurusan FK, FKG, dan Teknik Arsitektur. Gue gak tau kenapa gue memilih teknik arsitektur di tes simak, yang jelas gue mau mencoba kemampuan dan keberuntungan gue untuk masuk di jurusan Teknik Arsitektur UI.

Untuk tes sbmptn, tidak banyak cerita yang gue sajikan. Paling cuma cerita kebodohan gue saat menjalanin tes tersebut. Waktu gue menjalani tes kemampuan dasar di hari pertama, gue mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh sampai-sampai lalat yang keasikan menciumi muka gue pun gue cuekin. Kesungguh-sungguhan itu menjadi keasikan gue sendiri sampai-sampai lupa waktu. Waktu itu gue keasikan ngerjain bahasa Indonesia dan saat waktu sudah habis soal bahasa Inggris gak gue kerjain sama sekali. Gue mengutuk pengawas yang ada di ruangan yang gue tempati karena tidak memberikan warning time kepada peserta ujian di kelas tersebut, termasuk gue. Akhirnya dengan inisiatif bodoh gue, gue mencontek jawaban peserta yang duduk di de pan gue. Alhamdulillah, gue dapet 3 nomor dari hasil nyontek gue. Saat kertas ujian dikumpulkan, gue merasa ada yang ganjil dari jawaban yang gue contek. Saat mengecek lagi soal tersebut dan menelaah jawabannya, jawaban yang gue contek ternyata salah semua. Entah orang yang duduk di depan gue bego banget apa gue yang bego banget nyontek jawaban dia. Pupus lah gue pada saat tes itu karena gue sudah mengantongi nilai minus 3 di ujian sbmptn. Setelah gue pikir-pikir lagi akhirnya gue baru menyadari bahwa gue dan peserta yang duduk di depan gue berbeda kode dengan gue. Kesimpulannya adalah guenya yang bego banget.
          Belum selesai cerita (sialnya) dari situ, pas gue pulang dari tes hari pertama gue langsung sakit demam. Gue gak tau penyebabnya, entah gara-gara gue pusing mikirin jawaban yang gue contek apa gara-gara lalat yang menciumi muka gue di kelas. Emang pas hari pertama di tes kemampuan dasar yang gue jalanin gue udah gak fokus karena gue udah merasa pusing. Karena sakit akhirnya gue tidak bisa mencuri waktu untuk belajar sedikit untuk hari kedua. Untungnya pas hari kedua berjalan, gue merasa baik-baik saja seperti sedia kala. Tidak ada lalat yang menciumi gue lagi. Walaupun gue sehat sedia kala di hari kedua, tetap saja gue keluar ruang ujian dengan badan lemas kaya orang terserang penyakit tifus. Dari situlah gue udah hopeless dari tes sbmptn yang gue jalani itu.
          Ada cerita menarik lagi waktu gue tes simak UI. Waktu gue tes simak UI, gue kenalan sama anak SMAN 3 Bandung yang notabene SMA unggulan di Bandung. Gue lumayan lemas saat itu karena setiap gue kenalan sama orang yang sepertinya pintar. Walaupun sekolah di SMAN 3 Bandung belum tentu menjadi jaminan bahwa orang itu pintar, gue sudah dibuat minder dengannya.Yang bikin gue tambah lemes saat dia menyebutkan pilihan yang dia pilih di simak UI, yaitu FK. Kata dia “Kalo saya mah milih FK juga gak ngebet-ngebet banget. Kalo masuk ya Alhamdulillah, kalo enggak ya udah jalannya.” Saat gue mendengar pernyataan tersebut, ingin rasanya gue memutilasinya untuk mengurangi saingan gue untuk mendapatkan jurusan FK di UI. Tapi untuk menjaga nama baik dan kegantengan gue, gue mengurungkan hal tersebut. Gue aja baru ketemu satu orang pintar yang memilih jurusan yang sama kaya gue di tempat gue tes udah cemen, mana di tempat tes yang gue tempatin itu kan pasti gak cuma dia yang memilih FK. Itu pun baru satu tempat tes, belum di daerah Bandung lainnya, belum lagi ditambah lagi dengan Jakarta, Semarang, dan kota-kota lainnya. Maka dari itu karena saingan gue gak cuma dia, gue mencoba untuk cuek dan fokus terhadap apa yang gue akan hadapi. Setelah gue mengikuti proses tes-nya, entah kenapa gue merasa pede padahal soal yang gue kerjain kebanyakan “nembak” dan banyak kosongnya ditambah soal tahun ini menurut gue lebih susah dibanding tahun kemarin. Aneh.

Gue udah mengikuti semua tes di tempat gue mendaftar. Tinggal berdoa semoga diberikan yang terbaik.
Pengumuman sbmptn pun tiba. Gue mencoba buat santai, tidak tegang, dan berusaha tegar apapun keputusannya. Mau keterima atau enggak. Saat jam dibukanya pengumuman sbmptn, gue mencoba buka linknya, mengisi nomor peserta gue, dan mengisi tanggal lahir. Saat dibuka, beginilah jawabannya:

“Maaf anda belum diterima di Perguruan Tinggi Negeri”

Gue mencoba tegar, menahan emosi, menahan kentut yang dari tadi gue tahan, dan akhirnya keluarlah sedikit air mata di pelupuk mata gue. Gue cengeng.
          Sempat shock karena gue mendapatkan pesan tersebut yang kata-katanya gak ada yang berubah dari web resmi sbmptn untuk ketiga kalinya. Shock gue makin bertambah saat ada teman seperkuliahan gue keterima di PTN yang dia inginkan walaupun berbeda dengan prodi yang gue mau. Gue sadar diri dia diterima di PTN karena dia pintar sedangkan gue tidak cukup pintar. Gue cukup ganteng bukan cukup pintar.

*digebukin*

Tes sbmptn tahun ini menjadi kegagalan tes “mengejar kedokteran” yang ke-12 semenjak gue mengikuti tes-tes sebelumnya dari tahun 2011. Tinggal simak UI yang menjadi last chance gue. Kemungkin harapan keterima di sana kecil karena selain saingan dan nilai yang dimintanya tinggi, gue harus mengakui bahwa waktu gue tes gue stress gak karuan mengerjakan soalnya sehingga banyak jawaban yang “nembak”. Tapi gue harus selalu positive thinking dan jangan menerka-nerka takdir kedepannya. Biar Tuhan yang menjawab apa yang udah gue lakuin.

Buat nyokap gue, Maaf mah aku udah ngabisin banyak uang mama yang seharusnya aku gak usah ikut tes kaya mama bilang karena gak ada modal ilmu buat persiapan tesnya. Aku janji bakal bisa balikin semua uang tes yang udah dikeluarin buat aku.

Buat temen kuliah gue yang dapet PTN, selamat kalian semua. Persiapan dan doa kalian pasti lebih hebat dari yg saya jalanin. Semoga sukses di PTN yang dijalaninnya, Amin.

Buat temen seperjuangan gue Cholid. Gile lo akhirnya dapet juga prodi yang lo mau di PTN. Mungkin persiapan lo lebih mateng dari gue, jadinya perjuangan lo kebayar pas lo udah keterima di PTN. Selamat bro dan sukses di jurusan yang lo dapetin. Semoga gue bisa nyusul dapet PTN kaya lo lewat simak yang kemungkinan gue masuknya kecil, kalo dapet lho hahaha.

---

Terlepas dari hal-hal gue mau curhat tentang apa yang udah gue lewatin selama ini (cailah curhat). Gue bersyukur atas apa yang gue punya dan terlahir seperti apa gue sekarang. Memang setiap manusia kodratnya harus bersyukur terhadap apa yang ditujukan dari-Nya. Alhamdulillah gue terlahir sebagai orang yang ambisius, persis kaya nyokap gue. Gue selalu mengejar apa yang gue mau dengan target yang mungkin kata orang susah atau bahkan gak mungkin kejangkau kalo kata kebanyakan orang tapi menurut gue sendiri bisa mendapatkan target tersebut.

Teringat zaman smp kelas 3 saat ujian praktek berenang yang diwajibkan menguasai gaya bebas dan gaya punggung. Waktu ujian tinggal 3 minggu lagi dan gue sampai saat itu masih belum bisa berenang sama sekali. Kalo dibayangkan, gaya renang gue kaya ranting kayu yang dihanyutkan ke selokan. Mengikuti arus yang ada. Saat itu juga gue memberitahukan hal ini ke nyokap gue. Alhamdulillah nyokap gue peduli dengan keterbatasan gue saat itu, kagak bisa berenang. Akhirnya nyokap gue mencari guru les berenang di sekitar rumah gue di daerah Senayan. Setelah mencari-cari akhirnya gue mendapatkan guru les berenang yang berada di bilangan Permata Hijau. Gue saat itu di ajar teknik berenang dari dasar banget. Dengan usaha yang kalo dibilang udah maksimal sampai perut gue berubah fungsi menjadi tangki air kolam renang. Ajaibnya kurun waktu 1,5 minggu gue udah bisa menguasai semua gaya renang yang ada padahal gue sebelumnya benar-benar gak bisa berenang. Bahkan saat 1 minggu sebelum ujian praktek berenang, gue mampir ke kolam renang dengan guru olahraga dan dia kaget karena gue bisa menguasai semua gaya renang yang ada. Dari situlah gue bercermin, dalam waktu singkat aja gue bisa mengejar apa yang gue mau karena usaha yang keras banget. Iya pake banget. Mungkin kalo usaha yang keras banget ini gue terapin di jurusan yang gue jalanin sekarang, kepuasan yang  gue dapet melebihi kepuasan gue saat bisa menguasai semua teknik berenang dalam kurun waktu yang bisa dibilang singkat banget. Maka dari itu sekiranya emang jalan gue di jurusan arsitektur, gue mau mengejar ketertinggalan dari teman-teman kuliah gue dengan usaha yang keras banget. Siapa tau kalo gue usaha yang keras banget (iya pake banget) kaya usaha gue pas belajar berenang waktu dulu, gue bisa mendapatkan apa yang gue mau, bahkan lebih. Asalkan gue mau belajar dari usaha yang gue lakukan tersebut.

Dalam hidup ini kita diharuskan untuk belajar, belajar dari ujian yang diberikan Tuhan. Tuhan bakal ngasih kita ujian dalam berbentuk yang berbeda-beda. Kalo kita gak belajar dari ujian yang diberikan Tuhan, Tuhan akan memberikan ujian tersebut dalam bentuk yang berbeda sampai kita benar-benar belajar dari ujian tersebut dan naik ke tahapan ujian hidup yang berbeda makna dari ujian yang sebelumnya. Cara menanggapi ujian itu yang akan menjadi takdir kita untuk kedepannya. Kalo ngomongin masalah takdir, gue teringat film “The Number of 23” Jim Carrey, bahwa life is a choice not a fate. We choice our ways to direct our path. Memang karena pilihan kita, takdir itu berjalan. Gue juga pernah denger ceramah dari Quraisy Shihab masalah takdir. Kurang lebih seperti ini:

“Takdir itu hanyalah sistem. Sebenarnya kita bisa mendapatkan apa yang kita mau asalkan usaha dari kitanya maksimal. Kalo enggak? Ya mana mau Allah ngasih. Enak bener usaha sedikit tapi maunya gede. Kecuali kalo usaha sudah maksimal tapi masih gak bisa dapetin apa yang kita mau, mungkin aja itu yang jalan terbaik dari Allah buat kita. Yang terbaik bagi kita, belum tentu yang terbaik bagi Allah. Maka dari itu jangan menyalahkan takdir kalo apa yang kita udah usahakan gak tercapai.Takdir yang tidak tercapai itu bisa jadi karena kesalahan kitanya sendiri tidak mau usaha untuk mencapai apa yang kita mau.”

Saat gue teringat ceramah tersebut, gue menjadi sadar diri. Selama mengejar jurusan kedokteran, gue gak usaha lebih keras dan matang. Gue sadar usaha gue masih kurang. Gue kebanyakan doa daripada usaha. Banyak doa tanpa sebanding dengan usaha itu useless. Lo mau doa sampe laba-laba bikin sarang di badan lo tapi gak ada usaha ya sama aja bohong. Pelajaran itu yang sampai sekarang bikin gue masih gak sadar diri buat belajar dari hal itu. Maka dari itu, tiga tahun pengejaran gue buat jurusan kedokteran yang gue mau menjadi sia-sia karena usaha gue yang belum maksimal. Seharusnya gue usaha yang benar-benar maksimal bahkan kalo perlu harus mati-matian sampai gue nangis darah buat memperjuangkan itu. Buat kedepannya, gue harus belajar dari hal tersebut.Gue harus usaha maksimal, bahkan mati-matian sampai nangis darah. Baru deh setelah gue usaha maksimal doa gue-lah sebagai bumbu terakhir dalam memperjuangkan apa yang gue mau.

Di postingan ini gue berdoa di harapan terakhir gue yaitu di tes simak UI. Walaupun sangat kecil kemungkinan keterima lewat jalur tersebuttapi gak menutupi harapan buat gue masuk PTN walaupun masuk pilihan ketiga yakni teknik arsitektur. Sekiranya Allah masih kasih kesempatan kepada gue untuk memperbaiki jalan gue di arsitektur, semoga gue bisa masuk pilihan ketiga tersebut. Mungkin aja di jurusan arsitektur jalan yang terbaik bagi gue dari Tuhan.

Untuk penutupan dari postingan yang lumayan (sok) serius ini, gue mau berjanji sama diri sendiri untuk membuat targetan baru dan harus usaha maksimal dari targetan yang gue buat karena kemungkinan besar targetan gue sebelumnya buat menjadi mahasiswa kedokteran sudah pupus. Gue bakal berusaha lebih keras bahkan sampai mati-matian mengejar targetan yang gue buat tersebut.Targetan yang gue buat berhubungan dengan perkuliahan gue yaitu jurusan arsitektur. Semoga aja kalo jalan terbaiknya di jurusan yang gue jalanin sekarang, gue bisa lebih sukses ketimbang gue masuk jurusan kedokteran.Amin

Jalan Tuhan gak ada yang tau.

Welcome Architecture :)

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. "Jalan Tuhan gak ada yang tau"
    like this mas

    ReplyDelete
  3. gue udah 2 kali coba UI dan gagal, thn depan kesempatan gue yang terakhir. by the way gue lulusan thn 2012.

    ReplyDelete
  4. Keren dan panjang bgt ya ini ceritanya haha
    Kalo kata guru gue sih "jadilah telor bebek dimanapun kalian berada" minimal kita unik kalo misalnya ga berprestasi :D

    ReplyDelete
  5. SAMPAI BERAIR INI MATA. eh bukan terharu, tapi ceritanya panjang bangat. menginspirasi ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Day 23: Kesehatan Kaki di Waktu Weekend

Day 23 Rekam Jejak Kaki dan Aktivitas Pribadi Awal Bulan Juni kemarin gue bersama istri gue... *cailah sekarang udah punya istri, biasanya ceritanya gak jauh dari gebetan, mantan gebetan, dan pacar khayalan*  *ehem* ...oke lanjut. Gue sama istri gue punya wacana untuk liburan ke luar kota. Kita sepakat mencari suasana baru untuk menikmati  weekend  yang biasanya kita habiskan hanya di apartemen tempat tinggal kita. Hal yang gue dan istri mesti sepakati adalah suasana hotel yang tidak seperti apartemen kita yang mana mempunyai tipikal kamar studio XXI , fasilitas kolam renang, dan akses vertikal berupa lift. Buat apa gue dan istri gue ke luar kota, kalo suasananya sama dengan apartemen tempat tinggal kita? Pencarian destinasi wisata yang terjangkau oleh  budget  liburan   kita adalah Anyer, Bandung, dan Pulau Seribu. Dengan segala pertimbangan sampai melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (woilah segitunya), akhirnya kita memilih Bandung karena daerahnya gue cukup hafal dan c

Review Buku "SKRIPSHIT"

Halo semuaaaaa.... *geber-geber motor di blog* Untuk postingan kali ini gue bakalan review tentang buku salah satu idola gue @shitlicious tentang "SKRIPSHIT" SKRIPSHIT gambar dari sini Berbeda dengan buku2 sebelumnya yang gue beli berjudul "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat", buku bang Alit ini memberikan sesuatu yang berbeda.. #TEEEETT *mengulang "kata berbeda"* poin -10 Oke pokus pake "P", kalo pake "F" jadi pokuf ... *di lempar toga* Bagi yang gak tau buku "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat" berikut kilasan cover depannya..  Shitlicious Gambar dari sini    Gado-Gado Kualat Gambar dari sini Buku SKRIPSHIT ini memberikan sesuatu yang berbeda dari buku-buku sebelumnya, dari segi kata, bahasa, cerita, maupun cover. Sebelumnya gue mau jelasin tentang kekurangan-kekurangan pada buku-buku dia sebelumnya: Pada buku pertama yang dia lahirkan secara normal, kekuranga