Skip to main content

Berduka


Begitulah gambaran untuk dompet gue saat ini. Sungguh miris bagi anak kost, padahal ini masih masa-masa tanggal muda, di mana uang masih tidur-tidur unyu di dalem dompet. Pengeluaran yang begitu banyak membuat dompet gue tergambar seperti yang di atas. 

Emang lo gak dikirim uang bulanan mas?

Dikirim kok, tapi uang bulanan rutin yang masuk ke atm gue cuma bisa mencukupi buat uang buat bayar bulanan kost. Buat makan palingan pake sisa uang bayar kost. Sistem ngirimnya jadi kalo gue minta baru dikirim. Kalo pun gue minta sama orang tua buat makan atau beli kebutuhan lainnya dikirimnya emang enggak sesuai dengan ekspektasi gue. Misalnya gue minta 30 juta rupiah, gue cuma dikasih 200 ribu rupiah. Memang, gue anak yang gak tau diri.

Lepas dari curhatan yang di atas, gue akan bercerita lagi dan lagi tentang keseharian yang gue alami selama seminggu ini.

Banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget pengeluaran seminggu ini. Mulai dari makan, beli kebutuhan sehari-hari, sampe buat rekreasi yang membuat pengeluaran gue membuncit sampai-sampai dompet gue kena serangan tyhpus. Kasian gue ngeliatnya. Dia yang sebelumnya sehat selalu menemani gue berpergian kemana saja, akhirnya dia telah divonis oleh gue terserang penyakit "kanker" (kantong kering) yang sebelumnya gue kira cuma kena gejala typhus. Penyebab utama dompet gue kena "kanker" adalah rasa lapar gue akan sesuatu hal yang bisa dimakan. Apapun itu yang penting perut gue kenyang. Untuk saat ini memang sulit mengontrol ego gue akan rasa lapar yang terus datang. Apapun makanan itu, setelah mata gue menangkap sinyal makanan, tanpa basa-basi gue langsung beli dan makan pada saat itu juga. Mirip seperti Anaconda yang kelaparan, lalu melihat seekor rusa yang melintas 10 meter di depannya, dan langsung menangkap dan melahap bulat-bulat si rusa tersebut. Memang kejam. Namun setelah gue membeli makanan tersebut, gue tersadar. Gue harus nabung buat beli sekumpulan buku yang gue udah rencanakan jauh-jauh hari. Saat itu juga gue menangis meratapi dompet dan perut gue. Ironis.
          Mulai dari hari selasa. Gue harus mengeluarkan duit 10 ribu rupiah buat foto angkatan. Lalu pada hari Jumat gue mengeluarkan duit 100 ribu rupiah buat benerin hp gue. Kemudian cobaan terus yang ditujukan kepada dompet gue berlanjut dengan habisnya 61 ribu rupiah dalam sehari buat futsal, berenang, beli kebutuhan, dan......makan. Buat hari ini aja gue udah abis 11 ribu rupiah buat makan. Dan makanan itu adalah roti. Bukan nasi.

*nangis* *elus-elus dada* *dada Angelina Jolie*

Cobaan dari gue pun belum berhenti sampai penderitaan dompet gue saja. Kaki gue juga terkena imbasnya. Minggu-minggu ini, kinerja kaki gue digeber gak tau diri (I'm sorry my feet). Sebenarnya sih kaki gue emang udah biasa digeber setiap harinya buat menjalani aktivitas gue seperti biasa. Tapi pada minggu ini mungkin kaki kecapekan. Kalo dia "hidup", mungkin dia udah gue mengeluh dan bilang ke gue "Mas. Gue capek banget nih. Lo mau persatuan kita sampai sini saja?" kemudian dia mematahkan dirinya sendiri dan melakukan regenarsi dan munculah damas yang kedua.
          Mulai dari touring pake sepeda menuju pameran buku yang ada di Landmark, Braga. Gue gak tau daerah itu. Berkat kegantengan gue, gue menuju ke warnet buat liat direction untuk sampai Braga. Gue liat sih gak terlalu jauh dan rutenya simpel. Cuma 4 Km dari tempat kost gue. Gue rekam direction tersebut di otak gue dan gue berangkat dengan mengendarai sepeda. Tidak ada halangan yang berarti dan gue masih mengingat direction yang ditunjukan oleh Google Maps. Sesampainya di persimpangan dekat Unpar, gue dibuat ragu oleh dua persimpangan yang ada di depan gue. Ke-kanan ke Braga, ke-kiri ke Asia Afrika. Pada tau gue mengarah kemana? Yak, betul sekali gue mengarah ke-kiri, ke Asia Afrika. Direction yang gue inget udah gak sama seperti jalan yang gue lewatin saat itu. Gue terus gambling nemuin Landmark, Braga. Masuk jalan pasar, melewati gedung konfrensi Asia Afrika, menyusuri rel kereta api, sampai akhirnya gue kembali ketempat yang gue udah lewati sebelumnya. Gak kerasa saat gue tawaf di daerah itu-itu saja, gue melihat petunjuk arah yang menunjukan kalo lurus ke Cimahi. Anjrit, udah jauh banget dari tempat yang seharusnya gue tuju. Kalo misalnya gue gak liat petunjuk arah tersebut, gue mungkin udah sampai Cimahi dan terus bersepeda sampai akhirnya gue sampai Surabaya. Gue terus aja gambling dan menemukan secercah harapan yang menunjukan bahwa gue udah deket tempat tujuan gue. Gue nanya orang-orang sekitar "Di mana Landmark?" dan mereka jawabnya pake bahasa sunda dan gue gak ngerti apa yang mereka omongin. Sia-sia. 

*nangis*

Gue terus bersepeda sampai akhirnya gue liat Baliho yang tertulis "Pameran Buku Braga". Gue lihat daerah sekitar dan ternyata gue udah sampai di tempat yang dituju.

*joget gangnam style di jalan* *dilindes truk*

Kelar dari pameran buku gue pulang. Saat pulang ternyata jalan yang seharusnya lebih deket dari jalan yang gue udah tempuh yang kalo dikira-kira gue udah bisa menyebrangi selat sunda bolak-balik. I'm sorry my feet.
          Masih cerita tentang kaki gue. Hari sabtu gue geber kaki gue dengan mengendari sepeda dari kost-an gue (daerah supratman) menuju Sabuga, ITB. Kalo mau tau seberapa jauhnya (dan seberapa besar penderitaan kaki gue) coba cari lewat google maps atau GPS, terus bayangin kalo jarak yang ditempuh itu menggunakan sepeda dan jalannnya nanjak. Iya jalanannya beneran nanjak. Cuma satu kalimat yang tergambar untuk menyederhanakan pendeskripsian ini, BERAT BANGET NYET. Ditambah lagi gue berenang sambil menyelam yang kalo dihitung-hitung jaraknya1 km. 

*puk-puk kaki* *kakinya Angelina Jolie*

Selepas berenang gue bersepeda dari Sabuga menuju kampus gue untuk melanjutkan olahraga. Maen futsal yang dihitung-hitung lamanya 2 jam. Pulang ke kost-an kaki gue mengajukan surat ke gue untuk diamputasi.

Keadaan duka memang tidak dirasakan oleh gue sendiri saja. Minggu-minggu ini banyak orang-orang sekitar gue yang merasakan duka. Waktu hari sabtu sebelum gue bersepeda ke Sabuga, gue ditelpon nyokap dan mengabarkan bahwa ada dua tetangga rumah gue yang meninggal. Seketika gue langsung merinding karena gue tau orang itu dan gue pernah ngobrol dengan mereka. Berlalu begitu cepat dan gak ada yang tau. Keadaan duka juga menimpa muadzin masjid yang tempat biasa gue solat di sana. Baru dengar kabar hari ini, selepas solat subuh, kalo beliau ditabrak lari dua hari yang lalu. Mendengar itu gue langsung tersadar dari rasa kantuk gue yang  memaksa gue untuk menutup mata. Kebetulan pas solat subuh gue hampir ketiduran, jadi masih kebawa suasana kantuk selepas solat subuh. Gue emang belum kenal dekat siapa muadzin yang tertabrak itu, gue berdoa kepada beliau semoga lekas sembuh dan menyuarakan panggilan Tuhan kepada masyarakat sekitar. Amin.
          Duka juga menimpa teman gue. Entah gue menyebut ini duka atau apa, tapi pas gue denger perkataan dia, gue menyimpulkan bahwa itu adalah duka bagi dirinya. Jadi hari sabtu, di kampus gue ada acara wisuda. Gue gak mengikuti jalannya wisuda tersebut.  Beberapa teman gue mengikuti jalannya acara wisuda. Setelah itu angkatan gue ngumpul di lapangan basket untuk janjian berangkat bareng ketempat futsal. Saat beberapa angkatan gue selesai melihat senior-senior wisuda, mereka datang ke lapangan basket. Teman gue Rahmat, yang kebetulan melihat senior-senior kampus gue wisuda berkata "Aturan aku ikutan tuh pas wisuda. Ah sayang banget. Sedih aku". Gue teringat bahwa Rahmat untuk seumuran dia, seharusnya memang sudah di wisuda. Mungkin faktor pekerjaan yang membuat Rahmat baru bisa kuliah tahun ini. Gue jadi teringat akan tujuan gue yang masih ingin melanjutkan kedokteran. Bagaimana nanti misalnya gue dapet kedokteran tahun depan (AMIN YA ALLAH), akankah gue akan tertinggal dari teman-teman gue yang sudah lebih dulu wisuda dari gue? Untuk sekarang aja gue udah ketinggalan satu tahun dari teman-teman gue (eharusnya gue udah kuliah tahun kemarin). Bagaimana nanti? Apakah gue bakal lebih ketinggalan dari teman-teman gue ataukah gue bakal melangkahi mereka yang udah lebih dulu mendahului gue?

Melihat suasana wisuda gue juga sebenarnya berduka. Gue jadi teringat saat waktu pelepasan saat SMA dulu. Ibaratnya sama seperti wisuda, tapi untuk anak SMA. Saat itu gue seolah sendiri tanpa siapa-siapa. Keluarga ataupun pacar tidak ada yang menemani. Gue melihat sebagian besar teman-teman gue bersama keluarganya, bersama pacarnya, bersama tukang foto (iya, mereka lagi transaksi buat jasa foto), dan bersama dengan sahabat-sahabatnya sewaktu SMA. Gue merasa sendiri karena saat itu mereka semua gak ada yang dekat dengan gue. Keluarga, sahabat, maupun pacar. Paling cuma teman-teman yang gue kenal dan tukang foto yang terus menawarkan jasa foto ke gue, itupun cuma "sekilas lewat". Walaupun begitu gue tetap merasa senang dengan keadaan yang memaksa gue untuk berduka. Oh iya, saat itu juga gue teringat bahwa pada hari itu hari di mana gue ngobrol sama gebetan gue (cailah) dan setelah itu juga, kami gak pernah ngobrol lagi. Entah ngobrol langsung ataupun ngobrol via messenger. (oke ini curhat colongan)

Sedikit mengorek rahasia kecil gue. Gue sekarang sadar akan sifat-sifat gue. Gue tersadar saat teman-teman gue lagi main futsal di kampus pada sore hari. Sore saat itu sedang tenang. Tidak terlalu panas maupun gelap. Keadaannya tervisualisasi oleh mata gue. Teman-teman gue yang bermain futsal, menonton teman-teman gue yang sedang bermain futsal, dan bercanda satu sama lainnya. Gue ingin sekali larut dalam obrolan dan candaan mereka, tapi sifat jaim gue menahan semua itu. Daripada gue ikutan bercanda nanti malah jadi garing, gue memilih diam dan menjadi si "jaim" lagi. Alhasil, gue cuma bisa mendengarkan obrolan dan candaan mereka. Mungkin sebagian besar teman-teman kuliah gue menganggap gue itu pendiam, padahal mah enggak. Gue emang selalu menutup diri, berusaha mempertahankan sifat jaim gue. Makanya mulai dari sekarang, gue coba untuk bisa lebih berbaur. Tapi pas gue ingin membuka diri, gue masih jaim. Bahkan dengan teman yang udah dekat/kenal pun gue masih jaim. Bawaan dari sananya kali ya. Gue merenung akan mimpi-mimpi gue dan kejadian yang gue alami saat gue masih hidup. Terkontiminasi oleh hembusan angin yang merasuk dan meracuni pikiran gue, terlontar lah satu pertanyaan.

Apakah gue bisa bertemu lagi dan bermain dengan mereka layaknya pada sore saat itu?

Hidup itu penuh misteri. Kita gak tau apa yang bakal terjadi kedepannya. Yang bisa kita lakukan adalah menjalaninya dan bertawakal serta tidak lupa untuk mengucap rasa syukur akan nikmat yang masih mengalir di dalam hidup kita.

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan 3 tahun

*menghela nafas* Tahun 2013 menjadi tahun yang baik buat gue karena disitulah gue akhirnya menyelesaikan tingkat I di jurusan arsitektur di kampus gue. Dan di tahun ini juga, tahun ke tiga buat gue yang menjadi kesempatan terakhir gue untuk mengejar mimpi sebagai calon dokter dengan tes sbmptn (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang sebelumnya gue udah ikuti sebanyak dua kali. Ngomong-ngomong soal tes sbmptn ini, gue sendiri tahun ini gak terlalu ambisius buat ikut tesnya karena disibukkan oleh jadwal-jadwal perkuliahan yang padat seperti payudara sapi di masa-masa suburnya dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya yang membuat gue tidak bisa meluangkan waktu untuk belajar sbmptn ( alasan, padahal sih males aja lo mas ). Emang sih gue masih ngebet buat masuk kedokteran, tapi kalo dipikir-pikir usaha gue gak sebanding dari apa yang gue mau. Jomplang. Maka dari itu gue udah merasa pesimis duluan buat tes sbmptn tahun ini karena gue yakin semakin tahun tes seleksi masuk pergu

Review Buku "SKRIPSHIT"

Halo semuaaaaa.... *geber-geber motor di blog* Untuk postingan kali ini gue bakalan review tentang buku salah satu idola gue @shitlicious tentang "SKRIPSHIT" SKRIPSHIT gambar dari sini Berbeda dengan buku2 sebelumnya yang gue beli berjudul "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat", buku bang Alit ini memberikan sesuatu yang berbeda.. #TEEEETT *mengulang "kata berbeda"* poin -10 Oke pokus pake "P", kalo pake "F" jadi pokuf ... *di lempar toga* Bagi yang gak tau buku "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat" berikut kilasan cover depannya..  Shitlicious Gambar dari sini    Gado-Gado Kualat Gambar dari sini Buku SKRIPSHIT ini memberikan sesuatu yang berbeda dari buku-buku sebelumnya, dari segi kata, bahasa, cerita, maupun cover. Sebelumnya gue mau jelasin tentang kekurangan-kekurangan pada buku-buku dia sebelumnya: Pada buku pertama yang dia lahirkan secara normal, kekuranga

Day 23: Kesehatan Kaki di Waktu Weekend

Day 23 Rekam Jejak Kaki dan Aktivitas Pribadi Awal Bulan Juni kemarin gue bersama istri gue... *cailah sekarang udah punya istri, biasanya ceritanya gak jauh dari gebetan, mantan gebetan, dan pacar khayalan*  *ehem* ...oke lanjut. Gue sama istri gue punya wacana untuk liburan ke luar kota. Kita sepakat mencari suasana baru untuk menikmati  weekend  yang biasanya kita habiskan hanya di apartemen tempat tinggal kita. Hal yang gue dan istri mesti sepakati adalah suasana hotel yang tidak seperti apartemen kita yang mana mempunyai tipikal kamar studio XXI , fasilitas kolam renang, dan akses vertikal berupa lift. Buat apa gue dan istri gue ke luar kota, kalo suasananya sama dengan apartemen tempat tinggal kita? Pencarian destinasi wisata yang terjangkau oleh  budget  liburan   kita adalah Anyer, Bandung, dan Pulau Seribu. Dengan segala pertimbangan sampai melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (woilah segitunya), akhirnya kita memilih Bandung karena daerahnya gue cukup hafal dan c