Skip to main content

Sendiri Rasa Rame-Rame

Wih baru kali ini cerita kali ini gue postingnya malem-malem. Jarang-jarang gue ngeposting malem-malem soalnya biasanya gue udah tepar di tempat tidur bareng Angelina Jolie, tapi karena ada suatu hal yang bikin gue sibu (cailah gaya lo mas) jadi gue posting tulisan gue malem-malem. Oke langsung aja ya, this is my story this weekend.

Melihat ada libur yang lumayan panjang di kalendar kuliah (liburan idul adha), gue merasa senang bukan kepalang sampe gue mau loncat dari tower XL depan kamar gue. Niatan gue buat loncat dari tower ditahan sama ibu kost mengingat gue belom bayar kost. Akhirnya, gue gak jadi loncat dari tower. Dramatis.
          Seketika gue langsung menelpon nyokap gue dan memberitahukan bahwa gue gak jadi loncat dari tower. Nyokap menyayangkan hal itu karena akhirnya gue gak bisa mengurangi beban beliau untuk menanggung sebagian biaya hidup buat gue (if you know what i mean). Selain hal yang gak penting tadi, gue juga memberitahukan ke nyokap gue bahwa gue ada long weekend dari hari kamis sampe minggu. Saat mendengar berita itu, nyokap meminta gue untuk pulang (buat dijadikan babu di rumah). Setelah percakapan panjang, gue siap pulang. Namun saat melihat kalender kuliah gue, ada satu hal yang akhirnya menjegal gue pulang. Hal itu adalah adanya UTS setelah liburan yang lumayan panjang itu. "Ah sial, kalo gak ada liburan gue bisa pulang nih. Kalo gue pulang, gue bakal ngabisin duit buat travel dan nanti kalo di rumah bakalan gak belajar. Mening gak usah pulang deh." Pikir gue. Ternyata pikiran gue sama dengan pikiran nyokap gue bahwa kalo gue pulang gue bakal ngabisin duit buat travel dan kalo di rumah gue bakalan gak belajar. Akhirnya, gue memutuskan untuk gak pulang. Menyedihkan sih karena selain gue gak bisa ketemu keluarga gue, gue gak bisa solat Ied bareng sama keluarga gue, makan daging kambing bareng keluarga gue, dan minta duit seenaknya sama nyokap gue.

*nangis dipojokkan*

Sambil meratapi itu, gue merasa bakalan sendiri minggu ini di saat sebagian teman-teman gue pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarganya. Gue masih meratapi terus sampe gue mau loncat lagi dari tower XL di depan kamar gue. Tapi lagi-lagi usaha gue digagalkan sama ibu kost perihal yang sama. Gue belum bayar uang kost ke dia. Dramatis.
          Ternyata pemikiran gue tentang bakal sendiri di minggu ini berbanding terbalik dengan kenyatannya. Gue merasa senang karena pada saat malam takbiran (hari kamis) gue berada di kampus bersama teman-teman dan kakak-kakak angkatan atas gue sekedar buat kumpul-kumpul iseng. Gak nyangka sih soalnya pada saat itu angkatan gue bisa lebih dekat sama angkatan atas yang biasanya kalo di acara kumpul formal, saat angkatan gue lagi kumpul sama angkatan atas mukanya bener-bener tegang kaya seorang lelaki geek liat Jessica Alba setengah telanjang. Tegang. Tapi pada saat itu rasanya bener-bener lepas dan hangat kaya energen baru diseduh. Kebersamaan yang dijalin antar angkatan pun mulai tumbuh, menjalar erat ke dahan-dahan tiap individu di dalam angkatan tersebut, dan tumbuh menjadi sebuah jalinan pertemanan. Keren abis kata-kata gue.

Namun kesedihan muncul lagi di saat gue akan menunaikan solat Ied keesokkan harinya.

Bisa ditebakkan gue sedih kenapa di saat hendak menunaikan solat Ied?
Yap betul sekali, gue salah tempat pas mau solat Ied. Gue kira solat Ied-nya di dalam masjid tempat biasa gue solat kalo lagi ada di kost-an. Ternyata solat Ied-nya berada di lapangan terbuka yang berada 1 kilometer jauhnya dari masjid tempat biasa gue solat kalo lagi ada di kost-an, mengingat masjid tersebut gak ada lapangan luas yang bisa digelar sekian banyak jama'ah yang ingin menunaikan solat Ied, jadi ditempatkanlah solat Ied-nya di Lapangan Gazibu yang jauhnya 1 kilomter jauhnya dari mesjid tersebut. Apesnya pada saat itu, gue jalan kaki dan gak pake kendaraan, jadi terasa sangat jauh banget kaya muke lo (muke lo jauh). Pas itu jam menunjukkan pukul 06.14 dan pada jam 06.30 solat udah mulai dilaksanakan. Untung gue mantan atlet lari (dari kenyataan) jadi terasa sangat enteng dan cepat gue berjalan dengan jarak tempuh 1 km. Sesampai Lapangan Gazibu gue mau meninggal.
          Memang sih rasa sedih ada karena gue gak bisa menunaikan solat Ied sama keluarga gue meningat kondisi yang tidak memungkinkan yang membuat gue gak bisa solat Ied bareng sama keluarga gue. Tapi mau gimana lagi, beginilah konsekuensinya dari keputusan yang gue ambil. Semua keputusan pasti ada resikonya, tapi di dalam konsekuensi itu lo bakal ambil pelajaran dan hal yang positif yang didapat setelah mengambil keputusan tersebut. Gue menangkap hal positif yang dari keputusan gue. Gue jadi meringankan beban nyokap gue untuk tidak membiayai gue pulang bolak balik Jakarta-Bandung, walaupun mungkin di Jakarta lagi ada parade pesta besar-besaran saat gue tidak pulang ke Jakarta. Hal positif lainnya yang gue dapet saat  itu juga adalah gue melihat sekian banyak jama'ah solat Ied di Bandung yang begitu respeknya terhadap kebersihan lapangan untuk membersihkan koran-koran yang dijadikan alas buat solat dan membuangnya ditempat yang disediakan. Sungguh di luar dugaan gue yang biasanya kalo yang gue lihat abis solat orang-orang membiarkan koran berserakan di atas lapangan tempat buat solat dan membiarkan para panitia solat Ied atau pemulung mengambilnya. Tindakan kecil yang bermanfaat besar bagi orang banyak. Orang Bandung keren-keren euy. Oh iya saat itu juga gue akhirnya melihat gubernur Jawa Barat yang kebetulan memberikan ceramah setelah solat Ied. Tapi sayang aja gue gak lihat wakil gubernurnya yang bukan lain adalah Dede Yusuf. Kalo aja ada dia, gue langsung minta foto bareng sama Dede Yusuf dan memamerkan tindakan yang gue buat tadi ke nyokap gue bahwa gue foto sama artis yang diidolakan banyak ibu-ibu karena kepiawaiannya menjadi aktor di sebuah film.

Lanjut dari solat Ied tadi (dan foto bareng artis yang gak penting buat dibahas), kesenangan gue muncul lagi saat gue mendapatkan kabar bahwa angkatan gue bakal ada bakar-bakaran di kampus pada keesokkan harinya. Sebelumnya gue mengira bahwa acara bakar-bakaran ini adalah tindakan kriminal. Setelah mendapatkan konfirmasi, bakar-bakaran yang di maksud adalah bakar-bakar kambing untuk dijadikan sate. Istilah kerennya Barbeque-an di kampus. Asoy.
          Keesokkan harinya, gue pergi ke kampus buat acara bakar-bakaran yang sempat salah gue artikan. Walaupun gak terlalu rame tapi acaranya asik dan seru. Sebelum bakar-bakaran, gue sama teman-temang angkatan gue sempat bermain bola sama angkatan atas gue. Dan kerennya gue mencetak tiga gol fantastis yang gak kalah fantastisnya sama gol yang dicetak Lionel Messi saat pertandingan kontra Real Madrid (padahal gue ngemis-ngemis minta dikasih gol). Rasa kebersamaan terus mengikat erat antara angkatan gue dan angkatan atas gue. Padatan tawa, canda, dan pertemanan melebur menjadi cairan yang membawa kesenangan di setiap individu. Momen yang indah yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.
          Selesai bermain bola, angkatan gue melanjutkannya dengan bakar-bakaran yang sempat salah gue artikan tanpa angkatan atas gue. Bakar-bakarannya cukup seru. Daging kambing yang dibawa oleh salah dua teman gue (iya yang bawa dua orang) dijadikan sate yang siap untuk dibakar. Dengan menghabiskan 10 ribu rupiah untuk mempersiapkan pembakaran sate dan sedikit snack seperti jagung yang siap bakar, angkatan gue akhirnya melakukan prosesi pembakaran sate dan jagung yang udah dipersiapkan. Gue gak memperkirakan bahwa bakar-bakar itu gak gampang. Persiapan api yang cukup bagus pembakarannya agar arang membakar sempurna membuat gue dan teman-teman gue kerepotan. Sayang sekali Zuko sang pengendali api yang ada di film Avatar The Legend of Aang tidak ada di sana pada saat itu, jadi pembakaran arang membutuhkan waktu hampir satu jam. Belum lagi kendala dalam membakar sate dan jagung yang tekniknya ternyata cukup sulit. Biasanya gue lihat abang-abang yang mengipas, membalikkan, dan membumbui sate dengan mudahnya. Tapi pas gue lakukan hal tersebut, satu ungkapan, RIBET BANGET NYET. Walaupun begitu jagung dan sate kambing pun akhirnya jadi dan nikmati sama gue dan teman-teman gue. Dengan begitu gue siap jadi abang-abang sate atau jagung. Keren.
          Mengingat nafsu makan teman-teman gue yang kaya komodo kurang makan, jadi gue sungguh prihatin dengan apa yang terjadi. Bakar sate dan jagungnya satu jam, ngabisinnya 5 menit. Brutal abis.

Gue puas dengan acara bakar-bakaran yang sempat salah gue artikan tadi. Gue jadi gak merasa sendiri di saat beberapa teman gue pulang ke kampung halamannya bersama keluarga. Gue mempunyai keluarga kedua di sini, keluarga arsitektur kampus gue yang selalu ada di saat gue berada di Bandung. Belum lagi kakak-kakak angkatan atas gue yang akhirnya gue dan teman-teman gue bisa mengenal lebih dekat dan akrab dengan mereka. Gak ada yang bisa mengalahkan rasa individualstis dalam diri kecuali rasa kebersamaan yang terjalin antar individu.

Kebersamaan ini akan gue ingat dan gue kenang. Selamanya.

Mengingat postingannya gak bisa panjang-panjang dan udah kemaleman juga (soalnya gue posting tulisan ini di warnet), doakan ya biar gue lancar (dapet jawabannya) dalam mengerjakan uts besok karena seminggu kedepan gue UTS. Semoga hasil dari UTS ini memuaskan buat gue dan bisa mendongkrak nilai gue yang udah kebanyakan dapet C. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan 3 tahun

*menghela nafas* Tahun 2013 menjadi tahun yang baik buat gue karena disitulah gue akhirnya menyelesaikan tingkat I di jurusan arsitektur di kampus gue. Dan di tahun ini juga, tahun ke tiga buat gue yang menjadi kesempatan terakhir gue untuk mengejar mimpi sebagai calon dokter dengan tes sbmptn (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang sebelumnya gue udah ikuti sebanyak dua kali. Ngomong-ngomong soal tes sbmptn ini, gue sendiri tahun ini gak terlalu ambisius buat ikut tesnya karena disibukkan oleh jadwal-jadwal perkuliahan yang padat seperti payudara sapi di masa-masa suburnya dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya yang membuat gue tidak bisa meluangkan waktu untuk belajar sbmptn ( alasan, padahal sih males aja lo mas ). Emang sih gue masih ngebet buat masuk kedokteran, tapi kalo dipikir-pikir usaha gue gak sebanding dari apa yang gue mau. Jomplang. Maka dari itu gue udah merasa pesimis duluan buat tes sbmptn tahun ini karena gue yakin semakin tahun tes seleksi masuk pergu

Review Buku "SKRIPSHIT"

Halo semuaaaaa.... *geber-geber motor di blog* Untuk postingan kali ini gue bakalan review tentang buku salah satu idola gue @shitlicious tentang "SKRIPSHIT" SKRIPSHIT gambar dari sini Berbeda dengan buku2 sebelumnya yang gue beli berjudul "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat", buku bang Alit ini memberikan sesuatu yang berbeda.. #TEEEETT *mengulang "kata berbeda"* poin -10 Oke pokus pake "P", kalo pake "F" jadi pokuf ... *di lempar toga* Bagi yang gak tau buku "Shitlicious" dan "Gado-Gado Kualat" berikut kilasan cover depannya..  Shitlicious Gambar dari sini    Gado-Gado Kualat Gambar dari sini Buku SKRIPSHIT ini memberikan sesuatu yang berbeda dari buku-buku sebelumnya, dari segi kata, bahasa, cerita, maupun cover. Sebelumnya gue mau jelasin tentang kekurangan-kekurangan pada buku-buku dia sebelumnya: Pada buku pertama yang dia lahirkan secara normal, kekuranga

Day 23: Kesehatan Kaki di Waktu Weekend

Day 23 Rekam Jejak Kaki dan Aktivitas Pribadi Awal Bulan Juni kemarin gue bersama istri gue... *cailah sekarang udah punya istri, biasanya ceritanya gak jauh dari gebetan, mantan gebetan, dan pacar khayalan*  *ehem* ...oke lanjut. Gue sama istri gue punya wacana untuk liburan ke luar kota. Kita sepakat mencari suasana baru untuk menikmati  weekend  yang biasanya kita habiskan hanya di apartemen tempat tinggal kita. Hal yang gue dan istri mesti sepakati adalah suasana hotel yang tidak seperti apartemen kita yang mana mempunyai tipikal kamar studio XXI , fasilitas kolam renang, dan akses vertikal berupa lift. Buat apa gue dan istri gue ke luar kota, kalo suasananya sama dengan apartemen tempat tinggal kita? Pencarian destinasi wisata yang terjangkau oleh  budget  liburan   kita adalah Anyer, Bandung, dan Pulau Seribu. Dengan segala pertimbangan sampai melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (woilah segitunya), akhirnya kita memilih Bandung karena daerahnya gue cukup hafal dan c